Laman

Selasa, 07 Juli 2020

Tugas Pengantar Komputasi Modern: Penerapan Komputer Kuantum di Berbagai Bidang


Komputer Kuantum dapat diterapkan di berbagai bidang, beberapa contoh diantaranya:

1. Machine Learning

Melakukan training neural networks dalam tugas machine learning membutuhkan banyak data. Meskipun teknik machine learning saat ini telah mencapai hasil yang mengesankan, komputasi kuantum memiliki potensi yang lebih besar. Hal tersebut karena komputer kuantum dapat membuat pekerjaan lebih ringan dari dataset yang besar, dimana jika hal tersebut dilakukan oleh komputer klasik biasa akan memakan banyak waktu. Aplikasi ini di dunia nyata seperti penciptaan kecerdasan buatan yang mampu membuat keputusan yang kompleks dan analisis prediksi.

2. Cybersecurity (Keamanan)

Komputer kuantum dalam bidang keamanan memiliki kemampuan untuk memecahkan banyak metode enkripsi yang saat ini digunakan. Contoh teknik kuantum yang dimaksud yaitu Quantum Key Distribution (QKD) yang merupakan teknik baru untuk mengirim informasi sensitif yang menggunakan sinyal cahaya untuk mendeteksi penyusup dalam sistem.

3. Financial services

Komputasi kuantum juga memiliki potensi besar di sektor jasa keuangan karena daya pemrosesan dan kecepatannya yang meningkat. Secara umum, semakin cepat lembaga keuangan dapat memproses transaksi atau membuat keputusan, semakin menguntungkan mereka. Salah satu aplikasi utama komputasi kuantum dalam keuangan adalah perdagangan algoritmik. Di sinilah algoritma secara independen memulai perdagangan saham sejalan dengan strategi yang telah ditentukan.
Keuntungan lain adalah erusahaan akan lebih mengoptimalkan portofolio investasi mereka dan meningkatkan deteksi penipuan dan sistem simulasi.

4. Logistik

Salah satu masalah paling terkenal dalam ilmu komputer adalah masalah travelling salesman. Karena membutuhkan daftar kota yang harus dikunjungi, dan mencari rute mana yang terbaik. Mengerjakan ini menjadi semakin sulit secara eksponensial semakin banyak kota yang ditambahkan, dan semakin besar jarak yang perlu dicakup. Untuk meminimalkan waktu pengiriman dan jarak serta memaksimalkan keuntungan, perusahaan logistik harus menemukan rute optimal melintasi sistem global yang sangat kompleks yang berurusan dengan berbagai variabel dan efek dari peristiwa tak terduga seperti kondisi cuaca, keterlambatan, dan kesalahan manusia. Komputer kuantum dapat mengatasinya dengan mudah.

5. Mobility and transport

Perusahaan seperti Airbus menggunakan komputasi kuantum untuk merancang pesawat yang lebih efisien. Qubit juga akan memungkinkan kemajuan yang signifikan dalam sistem perencanaan lalu lintas dan optimalisasi rute.

6. Farmasi

Dalam bidang farmasi, menemukan dan meneliti obat baru memerlukan waktu bertahun-tahun yang membuat perusahaan farmasi mengeluarkan biaya miliaran rupiah. Komputer kuantum dapat mempermudah hal tersebut karena komputer kuantum dapat digunakan untuk membandingkan dan menganalisis molekul lebih baik daripada yang bisa ditangani oleh komputer klasik. Dimana hal tersebut dapat membuka jalan bagi penemuan dan pengembangan obat baru. Jika dibandingkan dengan metode tradisional, metode kuantum memberikan lebih banyak informasi tentang molekul yang diperiksa. Pemahaman yang lebih besar tentang karakteristik molekul sangat penting untuk wawasan tentang sifat aktifnya, dan dapat mempercepat proses penemuan obat.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar