Laman

Jumat, 12 Mei 2017

Manusia dan Keadilan

Umumnya, keadilan adalah pengakuan dan perlakuan yang seimbang antara hak dan kewajiban. Keadilan adalah keadaan bila setiap orang memperoleh apa yang menjadi haknya dan setiap orang memperoleh bagian yang sama dari kekayaan bersama.

Menurut Aristoteles keadilan adalah kelayakan dalam tindakan manusia. Kelayakan diartikan sebagai titik tengah diantara kedua ujung yang ekstrem yang terlalu banyak dan terlalu sedikit. Kedua ujung tersbeut menyangkut dua orang atau benda. Bila kedua orang tersebut mempunyai kesamaan dalam ukuran yang telah ditetapkan, maka masing-masing orang harus memperoleh benda atau hasil yang sama. Kalau tidak sama, maka masing – masing orang akan menerima bagian yang tidak sama. Dan pelanggaran terhadap proporsisi tersebut disebut ketidakadilan.

Contoh studi kasus:

Mencuri Pepaya Karena kelaparan, Seorang nenek di Tuntut 2 tahun Penjara – Seorang nenek bernama Sumiati yang Berusia 72 tahun terpaksa harus berurusan dengan pihak berwajib setelah mencuri 3 buah pepaya dan memasuki perkebunan orang tanpa izin. Saat di periksa oleh petugas Nenek Sumiati mengakui telah mengambil tanpa izin 3 buah pepaya karena dirinya kelaparan karena sudah hampir 5 hari dia tidak makan.

Sementara itu Pemilik Perkebunan M.syarif mengatakan dirinya sengaja melaporkan kepihak kepolisian agar memberikan efek jera karena dirinya mengakui sudah sering kehilangan buah pepaya yang ada di perkebunannya, kasus ini sendiri sudah di limpahkan ke pihak kejaksaan agar bisa segera disidangkan.


Opini:
Keadilan haruslah dirasakan oleh setiap orang. Dari contoh studi kasus diatas sepertinya tidak adil kalau seorang nenek kelaparan yang hanya mencuri 3 pepaya harus terkena tuntutan 2 tahun penjara. Sedangkan banyak kasus pencurian lain dengan skala yang labih besar, misalnya seperti kasus korupsi. Mungkin memang benar nenek itu sudah melakukan pencurian, tetapi ia mempunyai alasan karena kelaparan, dan juga seharusnya pencurian itu tidak bisa disamakan hukumannya dengan seorang yang korupsi uang puluhan juta.

Keadilan seharusnya bisa ditingkatkan agar setiap orang dapat merasakan keadilan.

Referensi:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar