Laman

Senin, 12 Maret 2018

Aplikasi LINE Webtoon

(Sumber gambar: https://www.flamecon.org/line-webtoon/)


Webtoon merupakan komik khas yang berasal dari Korea Selatan yang dapat dibaca dalam satu strip panjang dan juga berwarna. LINE menghadirkan Webtoon yang merupakan sebuah cara baru dalam membaca komik yaitu melalui ponsel pintar. LINE Webtoon adalah sebuah platform penerbitan digital gratis bagi para pembuat komik baik amatir maupun profesional untuk menampilkan karya terbaik mereka kepada para penyuka komik di seluruh dunia. LINE Webtoon tersedia di berbagai bahasa, salah satunya Bahasa Indonesia. LINE webtoon juga tersedia di mobile (Android dan iOS) maupun web.

LINE Webtoon menerapkan sistem harian yang setiap harinya muncul episode-episode terbaru setiap hari di setiap minggunya. Di dalamnya juga terdapat berbagai jenis/genre komik yang dapat dibaca sesuai jenis komik apa yang diinginkan. Selain itu, penggunaannya sangat mudah untuk digunakan dan diakses, dan dapat mengunduh komik yang diinginkan dengan mudah dan gratis, serta dapat  menerima notifikasi ketika seri terbaru dirilis.

Dengan adanya aplikasi LINE Webtoon ini yang dapat mempermudah dalam membaca komik, juga memiliki dampak positif dan negatifnya tersendiri. Beberapa dampak positif dengan adanya komik digital LINE Webtoon ini adalah:
  1. Bagi para bakat-bakat dan pembuat komik di Indonesia, LINE Webtoon dapat menjadi sebuah platform katalisator kreativitas untuk menyalurkan potensi kreativitas mereka, bersamaan dengan upaya untuk dikenal oleh para penggemar komik global serta para pemilik bakat kelas dunia.
  2. Dapat membuat komik Indonesia semakin berkembang dan profesi sebagai komikus mulai diperhitungkan sebagai prosepek yang menjanjikan.
  3. Bagi para pengguna, komik digital ini dapat menjangkau para pembaca yang sebelumnya tidak pernah bisa membaca komik dikarenakan harganya yang cukup mahal.
  4. Dapat menjadi hiburan bagi masyarakat Indonesia ditengah-tengah aktivitas yang padat. Karena dapat dengan mudah diakses dimana saja dan kapan saja.
  5. Dapat mendorong minat baca bagi para pengguna.
  6. Di dalam cerita komiknya juga mengajarkan dan menghadirkan nilai-nilai moral, seperti persahabatan, kerja keras, semangat pantang menyerah, dan lain sebagainya.


Selain dampak positif, juga terdapat beberapa dampak negatif dengan adanya komik digital, yaitu:
  1. Menimbulkan efek adiktif, yang biasanya timbul berupa keinginan untuk segera menikmati seri lainnya, sehingga menjadi lupa waktu dengan menghabiskan waktu bersama komik digital.
  2. Dapat membuat malas bagi sebagian orang untuk melakukan sesuatu atau aktivitas-aktivitas yang seharusnya dilakukan

Solusinya untuk itu adalah harus dapat dengan bijak memanfaatkan teknologi yang ada ini. Membaca komik digital karena kemudahan mengaksesnya boleh saja, tetapi tetap harus memperhatikan waktu dan jumlah bacaan agar tidak menimbulkan efek adiktif yang dapat mengganggu dalam menjalani kehidupan, maupun hal lain yang dapat menimbulkan hal buruk.



Sumber referensi:


1 komentar: