Laman

Sabtu, 18 November 2017

Pengalaman Mengerjakan Tugas Pengantar Teknologi Internet & New Media

Dengan perasaan hati yang masih sama, disini saya akan menceritakan tentang pengalaman saya dalam mengerjakan tugas mata kuliah Pengantar Teknologi Internet & New Media di Universitas Gunadarma. Tugas ini diberikan oleh Ibu Atika Laras Paramita yang merupakan dosen mata kuliah itu sendiri, dimana kami diharuskan membuat aplikasi yang dikhususkan untuk anak dibawah 3 SD.  

Dalam pembuatan aplikasi tersebut, di dalam satu kelas dibagi menjadi beberapa kelompok. Saya sendiri masuk ke kelompok 6, kelompok yang beranggotakan:
  •           Demak Alfredo
  •           Eros Smarajaya Buwono
  •           Mochammad Fariz Syah Lazu
  •           Muhammad Fauzan Hadi
  •           Rosdiana Saule Palamba
  •           Sarah Nur Haibah
  •           Tri Kusuma Wardhani
  •           Wenggara Galih Putra

Kala itu, hal pertama yang kami lakukan dimana saat-saat matahari telah terbenam adalah membuat grup di Line untuk membicarakan lebih lanjut tentang pembuatan aplikasinya. Pada awalnya, grup tersebut membahas tentang aplikasi apa yang akan kita buat. Satu persatu ide bermunculan dari berbagai pihak, sampai pada akhirnya semua ide tersebut tertampung dalam sebuah notes di Line dan kami memutuskan untuk membahasnya lebih lanjut di hari esok dengan berkumpul di sela-sela waktu kosong kuliah.

Saat hari esok yang ditunggu telah tiba, kami semua pun berkumpul di depan kelas, dan pada saat itu, saat dimana pertemuan pertama kami, kami belum begitu mengenal masing-masing pribadi yang ada. Tetapi, hal yang kami bahas adalah membahas ide-ide yang sudah tertampung dan pada akhirnya kami memilih beberapa ide, walaupun belum seutuhnya memilih.

Hari selanjutnya kami pun berkumpul lagi. Kami memutuskan untuk berkumpul di kampus D di hari sabtu saat sore hari, karena pada siangnya saya bersama sebagian anggota kelompok mengikuti seminar terlebih dahulu. Saat seminar selesai kami langsung menuju tempat dimana kami berkumpul. Satu-satu persatu orang berdatangan dan saat semua berkumpul kami langsung membahas aplikasi kami, disitu kami memutuskan untuk membuat game edukasi untuk desktop yang pada sebelumnya game kami bertemakan menyusun kata dan game tembak target. Saat itu, hari sudah sangat sore, dimana matahari sudah bersiap-siap untuk pergi, rasanya lelah dan ada sedikit permasalahan rasa sakit pada hati ini. Tapi itu semua tidak apa-apa, biar hati ini saja yang merasakan sakitnya.

Di hari-hari selanjutnya kami berkumpul kembali pada hari selasa setelah mata kuliah agama di sore hari, saya mengingat kejadian ini karena pada malam harinya pukul 18.30 saya akan mengikuti lepkom di kampus f4. Dikarenakan kami mendapatkan beberapa kendala dalam pembuatan game itu. Maka kami merubah game kami, menjadi game berbasis mobile tentang menyusun kata hewan, menebak gambar hewan dan menebak suara hewan.

Pada saat hari dimana mata kuliah ini datang, kami mempresentasikan ke dosen yang bernama Ibu Dea untuk menggantikan Ibu Atika yang sedang berhalangan masuk. Setelah mempresentasikannya, dan game kami telah di accept maka kami pun fokus dalam pembuatan game tersebut. Game kami berjudul “Tebak apa hayo?” dan dibuat di Android Studio versi 2.3. Dalam proses

Dalam pembuatan game ini, setiap orang mempunyai tugasnya masing-masing. Saya sendiri dan anggota wanita lainnya yaitu Tri dan Diana mendapatkan bagian untuk mendesain game itu sendiri dan setiap hal-hal yang dibutuhkan. Aplikasi yang dipakai untuk mendesain game ini adalah Corel Draw X6.

Setiap ada waktu luang, kami selalu mencoba untuk berkumpul dan membahas sudah sampai sejauh mana tugas masing-masing. Saya sendiri disetiap ada kesempatan, mencoba mengedit dan mendesain segala hal untuk game kami.

Hari demi hari berlalu dan kami terus berjuang, apalagi deadline pengumpulan game pun semakin mendekat. Dalam proses pembuatan game ini banyak permasalahan yang terjadi, mulai dari kurangnya pengetahuan kami terhadap pembuatan game yang mana menggunakan Android Studio Versi 2.3, kurangnya waktu karena kepadatan jadwal kuliah kami dan diikuti dengan tugas-tugas mata kuliah yang lain, menyatukan pendapat, permasalahan yang terjadi antar pribadi dalam kelompok, dan perasaan-perasaan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata lainnya.

Tapi kami berjuang terus dan sampai pada akhirnya hari dimana hari yang ditunggupun datang. Mempresentasikan dan menampilkan game yang telah kami buat. Memang, game yang kami buat tidak terselesaikan seutuhnya tetapi kami tetap mencoba untuk mempresentasikan game kami semaksimal mungkin. Dan setelahnya, hingga perasaan lelah itu semua sudah terlewatkan.

Tetapi, tetap saja, rasa bahagia tetap ada dalam diri saya. Karena game yang kami buat menurut saya sudah dibilang cukup bagus walaupun tidak selesai seutuhnya. Selain itu, seiring berjalannya waktu, pribadi pribadi yang sebelumnya belum saling mengenal dengan baik, bisa menjadi teman yang lebih dekat untuk seterusnya. Banyak hal dan kejadian yang telah kami lalui bersama, dan saya menikmati semua itu.


Saya juga ingin mengucapkan terimakasih kepada Ibu Atika yang telah memberikan tugas ini, karena dengan adanya tugas ini saya bisa mempelajari hal-hal yang belum saya ketahui sebelumnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar