Dengan
perasaan hati yang masih sama, disini saya akan menceritakan tentang
pengalaman saya dalam mengerjakan tugas mata kuliah Pengantar Teknologi
Internet & New Media di Universitas Gunadarma. Tugas ini diberikan oleh Ibu Atika Laras Paramita yang merupakan dosen
mata kuliah itu sendiri, dimana kami diharuskan membuat aplikasi yang
dikhususkan untuk anak dibawah 3 SD.
Dalam pembuatan aplikasi tersebut, di dalam satu kelas dibagi
menjadi beberapa kelompok. Saya sendiri masuk ke kelompok 6, kelompok yang beranggotakan:
- Demak Alfredo
- Eros Smarajaya Buwono
- Mochammad Fariz Syah Lazu
- Muhammad Fauzan Hadi
- Rosdiana Saule Palamba
- Sarah Nur Haibah
- Tri Kusuma Wardhani
- Wenggara Galih Putra
Kala itu, hal pertama yang kami lakukan dimana saat-saat
matahari telah terbenam adalah membuat grup di Line untuk membicarakan lebih lanjut tentang pembuatan aplikasinya. Pada awalnya, grup
tersebut membahas tentang aplikasi apa yang akan kita buat. Satu persatu ide bermunculan
dari berbagai pihak, sampai pada akhirnya semua ide tersebut tertampung dalam
sebuah notes di Line dan kami memutuskan untuk membahasnya lebih lanjut di hari
esok dengan berkumpul di sela-sela waktu kosong kuliah.
Saat hari esok yang ditunggu telah tiba, kami semua pun
berkumpul di depan kelas, dan pada saat itu, saat dimana pertemuan pertama kami,
kami belum begitu mengenal masing-masing pribadi yang ada. Tetapi, hal yang kami bahas adalah membahas ide-ide yang sudah
tertampung dan pada akhirnya kami memilih beberapa ide, walaupun belum
seutuhnya memilih.
Hari
selanjutnya kami pun berkumpul lagi. Kami memutuskan untuk berkumpul di
kampus D di hari sabtu saat sore hari, karena pada siangnya saya bersama
sebagian anggota kelompok mengikuti seminar terlebih dahulu. Saat seminar
selesai kami langsung menuju tempat dimana kami berkumpul. Satu-satu persatu
orang berdatangan dan saat semua berkumpul kami langsung membahas aplikasi kami,
disitu kami memutuskan untuk membuat game edukasi untuk desktop yang pada
sebelumnya game kami bertemakan menyusun kata dan game tembak target. Saat itu, hari sudah sangat sore,
dimana matahari sudah bersiap-siap untuk pergi, rasanya lelah dan ada
sedikit permasalahan rasa
sakit pada hati ini. Tapi itu semua tidak apa-apa, biar hati ini saja
yang merasakan sakitnya.
Di hari-hari selanjutnya kami berkumpul kembali pada hari
selasa setelah mata kuliah agama di sore hari, saya mengingat kejadian ini karena
pada malam harinya pukul 18.30 saya akan mengikuti lepkom di kampus f4. Dikarenakan kami mendapatkan beberapa kendala dalam
pembuatan game itu. Maka kami merubah game kami, menjadi game berbasis mobile
tentang menyusun kata hewan, menebak gambar hewan dan menebak suara hewan.
Pada saat hari dimana mata kuliah ini datang, kami
mempresentasikan ke dosen yang bernama Ibu Dea untuk menggantikan Ibu Atika
yang sedang berhalangan masuk. Setelah mempresentasikannya, dan game kami telah
di accept maka kami pun fokus dalam
pembuatan game tersebut. Game kami berjudul “Tebak apa hayo?” dan dibuat di
Android Studio versi 2.3. Dalam proses
Dalam pembuatan game ini, setiap orang mempunyai tugasnya
masing-masing. Saya sendiri dan
anggota wanita lainnya yaitu Tri dan Diana mendapatkan bagian untuk
mendesain game itu sendiri dan setiap hal-hal yang dibutuhkan. Aplikasi yang dipakai
untuk mendesain game ini adalah Corel Draw X6.
Setiap ada waktu luang, kami selalu mencoba untuk berkumpul
dan membahas sudah sampai sejauh mana tugas masing-masing. Saya sendiri
disetiap ada kesempatan, mencoba mengedit dan mendesain segala hal untuk game
kami.
Hari demi hari berlalu dan kami terus berjuang, apalagi deadline pengumpulan game pun semakin mendekat. Dalam proses
pembuatan game ini banyak permasalahan yang terjadi, mulai dari kurangnya
pengetahuan kami terhadap pembuatan game yang mana menggunakan Android Studio
Versi 2.3, kurangnya waktu karena kepadatan jadwal kuliah kami dan diikuti
dengan tugas-tugas mata kuliah yang lain, menyatukan pendapat, permasalahan
yang terjadi antar pribadi dalam kelompok, dan perasaan-perasaan yang tidak
bisa diungkapkan dengan kata-kata lainnya.
Tapi kami berjuang terus dan sampai pada akhirnya hari dimana
hari yang ditunggupun datang. Mempresentasikan dan menampilkan game yang telah
kami buat. Memang, game
yang kami buat tidak terselesaikan seutuhnya tetapi kami tetap mencoba untuk mempresentasikan
game kami semaksimal mungkin. Dan setelahnya, hingga perasaan lelah itu semua sudah terlewatkan.
Tetapi, tetap saja, rasa bahagia tetap ada dalam diri saya. Karena
game yang kami buat menurut saya sudah dibilang cukup bagus walaupun tidak
selesai seutuhnya. Selain itu, seiring berjalannya waktu, pribadi pribadi yang
sebelumnya belum saling mengenal dengan baik, bisa menjadi teman yang lebih
dekat untuk seterusnya. Banyak hal
dan kejadian yang telah kami lalui bersama, dan saya menikmati semua itu.
Saya juga ingin mengucapkan terimakasih kepada Ibu Atika yang
telah memberikan tugas ini, karena dengan adanya tugas ini saya bisa
mempelajari hal-hal yang belum saya ketahui sebelumnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar