Laman

Rabu, 17 April 2019

Pencahayaan: Membuat Efek Cahaya Matahari Dengan Aplikasi Blender (3IA01)

Nama Anggota Kelompok:
  1. Eros Smarajaya Buwono
  2. Demak Alfredo
  3. Rosdiana Saule Palamba
  4. Sarah Nur Haibah
  5. Tri Kusuma Wardhani

Konsep Pencahayaan

Sumber cahaya: Matahari
Pilihan Cahaya: Spot dan Point
Objek: Boneka dan Kursi

Langkah Pembuatan pada Aplikasi Blender

Menambahkan objek kubus untuk membuat modeling ruangan.


Lalu seleksi kubus dan klik huruf S+Z pada keyboard untuk men-scale objek sesuai keinginan dan agar bentuknya menjadi pipih yang akan dijadikan sebagai lantainya. Setelah itu masuk ke edit mode dan tekan ctrl+r untuk membuat ruas. Buat ruas secara horizontal dan juga vertical sehingga sisi lantai akan menjadi 4 bagian. Extrude sisi kanan, kiri, dan belakang yang akan dijadikan sebagai dinding.


Langkah selanjutnya untuk membuat jendela pada dinding. Beri ruas pada bagian dinding objek dengan cara tekan ctrl+r lalu scroll mouse hingga menampilkan ruas sebanyak yang diinginkan, buat secara vertical dan horizontal hingga membentuk kotak untuk jendelanya. Seleksi salah satu sisi kotak lalu extrude hingga menjorok ke dalam, begitu juga untuk sisi yang satu. Setelahnya, tekan E diikuti tekan S untuk membuat kotak lagi didalamnya. Lakukan hal yang sama pada sisi lainnya. Seleksi sisi yang paling dalam lalu tekan X untuk menghapus sisi dalam tersebut. Pada bagian jendela yang masih kosong, pilih edge-edge nya dan tekan F untuk membuat face baru sehingga jendela akan tampak seperti gambar dibawah ini.


Selanjutnya membuat tralis jendela. Pertama, menambahkan objek silinder lalu atur tinggi dan besar silinder. Tahap ini dilakukan pada edit mode. Setelah itu, duplikat silinder sebanyak 6 dan atur seperti dibawah ini.


Langkah selanjutnya yaitu menambahkan lampu dengan jenis spot untuk mengimplementasikan konsep pencahayaan. Tekan Shift+A untuk menambahkan objek lampu lalu pilih lamp->Spot. Posisikan lampu di luar jendala dan diarahkan cahayanya kedalam ruangan hingga mengenai  dinding dan lantai yang ada pada ruangan.


Lalu atur lagi jarak cahaya lampu menjadi lebih panjang agar mengenai ruangan dengan tekan w pada keyboard lalu pilih falloff distance dan atur jaraknya seperti gambar dibawah ini. Untuk melihat lampunya agar terlihat cahayanya seperti apa, pada sisi sebelah kanan di bagian data, centang show cone.


Untuk melihat hasilnya yaitu dengan cara me-render, pertama atur posisi camera view terlebih dahulu, lalu tekan F12 atau pada bagian kanan klik render. Hasilnya adalah seperti di bawah ini. Terlihat bahwa sekat jendela terdapat bayangannya.


Agar cahaya yang disorotkan bisa lebih terlihat maka pada bagian data di sebelah kanan centang ‘Halo’. Karena nama cahaya tersebut adalah cahaya Halo.



Berikut ini merupakan pengaturannya. Ubah warnanya dengan sedikit warna kuning agar terlihat lebih nyata.




Maka akan tampil hasilnya seperti dibawah ini. Tampilan di bawah ini adalah tampilan ketika ditambahkan objek point lamp lagi di atas ruangan.


Langkah selanjutnya adalah membuat objek baru, yaitu boneka. Pindah ke layer baru, lalu tambahkan komponen kubus untuk objek boneka. Masuk ke bagian edit mode, buat kubus hingga menjadi 2 sisi dengan membuat ruas di tangah. Lalu extrude keatas hingga akan menjadi bagian untuk kepala boneka. Setelah itu extrude sisi kanan dan kiri yang akan dijadikan sebagai tangan. Buat ruas lagi di bawah hingga terbentuk sisi untuk kaki, dan extrude kedepan. Pada bagian badan, pilih edge select dan buat seperti di bawah ini.


Setelah itu, pilih edge select lagi dan pilih sisi untuk tangannya, buat seperti dibawah ini, dan extrude sisi tangannya. Lalu seleksi alas kakinya dan geser hingga terbuka seperti dibawah ini.


Buat ruas lagi pada tangan dan kakinya sehingga tangan dan kakinya tidak terlihat seperti kotak biasa dengan klik s pada ruas baru yang dibuat.


Lalu, klik face select dan block pada bagian kepalanya, lalu extrude keatas. Lalu tambahkan ruas baru dibawah kepala dan klik s lalu kecilkan agar menjadi leher. Begitu juga untuk bagian kepalanya pilih ruas paling atas dan kecilkan.



Langkah selanjutnya adalah pilih menu modifier yang terletak di sisi kanan, add modifier, pilih subdivision surface. Kemudian tambah modifier pada bagian kanan pilih smooth. Sehingga tampilannya akan seperti dibawah ini.


Lalu masuk ke edit mode, pada wajah boneka nya klik vertex yang akan dijadikan mulutnya dan naikan keatas, lau selesksi bagian tersebut dan extrude kedepan, setelah itu scale dan extrude, lalu extrude kembali.



Lalu, klik face select dan block pada bagian seperti dibawah ini dan extrude pada bagian kepalanya. Tarik agak menunduk pada bagian kepala boneka, sehingga tampilannya akan seperti dibawah ini.


Untuk memperbaiki bentuk kaki nya agar lebih baik lagi, edit posisi seleksi edge pada bagian ujung kaki dan tarik keatas.selanjutnya atur bagian face telapak kaki dengan scaling dan extrude agar tercipta bentuk telapak kaki yang menjorok ke dalam.


Edit posisi vertex yang dibutuhkan untuk menghasilkan bentuk yang proporsional. Setelahnya, membuat telinga dengan menambahkan Object UV Sphere. Dengan mengatur(menscale bentuk UV Sphere), ciptakan bentuk Object menjadi hampir cylinder agar terlihat seperti telinga. Lalu letakkan Object tersebut di bagian kepala yang merupakan letak dari telinga dan atur posisinya, setelahnya duplikat telinga untuk sisi lainnya.


Untuk membentuk hidung boneka, edit face dari bagian atas mulut boneka, tarik ke arah sumbu Y menjauhi muka agar membentuk hidung. Seperti gambar di bawah ini:


Menambahkan Object Cylinder untuk membuat mata boneka. Atur skala Cylinder agar menyerupai mata. Lalu pilih bagian face nya dan scale+extrude hingga sedikit menjorok kebelakang. Seperti gambar di bawah ini. Setelah itu, berikan texture pada mata boneka dan juga badan boneka.


Render hasil nya dengan mengatur posisi kamera terlebih dahulu dan menambahkan lampu hingga terlihat seperti ini.


Lalu masukan objek boneka ke ruangan sebelumnya yang sedang duduk disebuah kursi. Setelah di render begini lah hasilnya. Tampilan dibawah adalah tampilan jika tidak menambahkan point lamp.


Setelah di tambahkan point lamp maka hasilnya adalah seperti ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar